Kamis, Februari 2, 2023

Canelo Bilang ‘I Like It’ Jika Dipertemukan dengan Usyk di Kelas Berat

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com – Ini jadi semacam duel ‘angan-angan’ karena belum ada yang definitif. Belum ada yang pasti.

Ada keinginan Canelo Alvarez bertarung dengan Oleksandr Usyk di kelas berat.

Bisa? Bisa. Asal.

Canelo Alvarez akan menantang juara kelas berat ringan [79,4kg] WBA Dmitry Bivol di T-Mobile Arena, Las Vegas, AS, Sabtu (7/5).

Canelo adalah penguasa kelas menengah super [76,2kg] WBA/WBC/IBF/WBO dan peringkat 1 pound-for-pound. Bertarung di kelas berat ringan, mutasi bobot Canelo bisa dibilang tak terlalu masalah karena hanya ada penambahan sekitar 3kg.

Tapi, buat dunia tinju, transformasi atau mutasi Canelo bisa dibilang luar biasa karena ia memulai kariernya dari kelas welter [66,7kg] dan jadi juara dunia kali pertama di kelas menengah ringan/welter super [69,9kg]. Ia merebut gelar lowong menengah ringan WBC pada Maret 2011 setelah menang angka atas Matthew Hatton.

BACA JUGA :   Bagi Novak Djokovic, Kebebasan Memilih Lebih Penting Dibandingkan Gelar Juara
BACA JUGA :   Setelah 19 Tahun Menanti, Indonesia Gondol Piala Thomas

Setelah itu ia merangkak pasti ke kelas menengah, menengah super, dan kemudian berat ringan. Canelo mengalahkan Sergey Kovalev dan merebut gelar kelas berat ringan WBO pada November 2019. Setelah itu, ia mencomot gelar demi gelar di kelas menengah super hingga akhirnya menjadi undisputed.

Dmitry Bivol petinju kelas berat ringan kedua yang dihadapi Canelo. Bedanya, Bivol dianggap lebih berkualitas dibandingkan Kovalev.

BACA JUGA :   Teddy Atlas Muak dengan Canelo Alvarez

Nah, jika ia menang atas Bivol, ada kemungkinan Canelo akan bertarung dengan Oleksandr Usyk di kelas berat. Usyk dianggap petinju kelas berat dengan bobot paling ringan dibandingkan yang lain.

“Saya suka itu,” kata Canelo kepada ESPN jelang pertarungan dengan Bivol. “Mengapa tidak? Saya lawan siapa pun, saya tidak peduli.”

Usyk sendiri masih harus bertarung dalam rematch dengan Anthony Joshua. Tanggal yang sempat beredar duel digelar 23 Juli, di Arab Saudi.

BACA JUGA :   Oleksandr Usyk Mulai Siap-siap Rematch dengan Anthony Joshua

Eddie Hearn, promotor Matchroom Boxing yang membawahi Canelo dan Joshua, setuju dengan ide mempertemukan Canelo dengan Usyk.

BACA JUGA :   Oleksandr Usyk Tampil Tak Mengecewakan di Pertandingan Debut Sepakbolanya

“Saya yakin ‘AJ’ [Anthony Joshua] akan menang [atas Usyk]. Tapi, bila tidak, 1 juta persen Canelo akan bertarung di bobot 201 pound.”

Bobot 201 pound adalah bobot kelas berat antara 200 hingga 224 pound [101,6kg]

So, bila Usyk menang dan dipertemukan dengan Canelo, lalu Canelo mengalahkan Usyk, maka Canelo mengantongi reputasi lebih baik dibandingkan Roy Jones Jr. Jones Jr bermutasi dari kelas menengah, sementara Canelo dari kelas menengah ringan.

Itu, mungkin, masih angan-angan.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here