Rabu, Februari 8, 2023

Ben Sulayem Terpilih Sebagai Presiden FIA, Gantikan Jean Todt

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

PARIS, newsatu.com — Mohammed Ben Sulayem dari Uni Emirat Arab menjadi presiden badan dunia motorsport non-Eropa pertama setelah terpilih sebagai Presiden FIA (Federasi Otomotif Internasional), Jumat (17/12).

Ben Sulayem  menggantikan Jean Todt, 75 tahun, asal Prancis setelah duduk sebagai presiden selama tiga periode.

Sulayem, mantan pereli berusia 60 kelahiran Dubai, sukses mengalahkan pesaingnya, pengacara asal Inggris, Graham Stoker, yang menjadi wakil presiden di bawah Todt sejak 2009.

BACA JUGA :   Coronavirus myths busted by WHO for better Covid-19 awareness

Mantan pembalap reli kelahiran Dubai berusia 60 tahun itu berdiri melawan pengacara Inggris Graham Stoker, yang telah menjadi wakil presiden Todt untuk olahraga sejak 2009.

BACA JUGA :   Shelly, Dulu Bergelut di Dunia Renang, Kini Asyik di Dunia Tinju

FIA antara lain membawahi lomba Formula 1, World Rally Championship, World Endurance, dan Formula E.

Ungkapan kebahagiaan diungkapkan Ketua Tim Sukses Ben Sulayem melalui akun Twitter. “Kami senang bahwa 62 persen dari semua klub memberikan suara mereka kepada kami,” katanya, dikutip Reuters.

BACA JUGA :   JS League 2022: JS One akan Awali Pertandingan Melawan Star Soccer Club

Formula 1 akan berada di urutan teratas dalam daftar prioritas Ben Sulayem setelah balapan akhir musim Minggu lalu di Abu Dhabi berakhir dengan keributan setelah perubahan pada prosedur keselamatan mobil menyebabkan Max Verstappen dari Red Bull merebut gelar.

Direktur balapan FIA Michael Masi telah menjadi pusat kontroversi, dengan bos tim Mercedes Toto Wolff mengatakan pebalap Australia itu telah ‘merampok’ pembalapnya, Lewis Hamilton, dari rekor kejuaraan kali kedelapan.

BACA JUGA :   Timnas Indonesia Perlu Ditingkatkan Agar Kompetisi Terdongkrak Lebih Baik, Caranya? Naturalisasi Pemain!
BACA JUGA :   Andy Ruiz Jr Siap Menang KO atau Bertarung 12 Ronde Penuh

Ben Sulayem, yang sebelumnya duduk sebagai wakil presiden FIA dan anggota Dewan Olahraga Motor Dunia, memiliki Fabiana Ecclestone dari Brasil, istri mantan supremo Formula Satu Bernie, di timnya. Ia akan menjadi wakil presiden untuk wilayah Amerika Selatan.

Robert Reid, yang merupakan co-driver mendiang juara reli dunia Inggris Richard Burns, akan mengambil peran sebagai wakil presiden bidang olahraga.

Todt sendiri duduk sebagai Presiden Kehormatan FIA.

 

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here