Sabtu, Mei 28, 2022

Mulai Selasa Malam, Exit Test PCR Hanya 1 Kali

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com — Banyak aduan masyarakat terkait status warna di PeduliLindungi tak kunjung berubah dari warna hitam menjadi hijau. Padahal hasil tes PCR berikutnya menunjukkan hasil negatif.

Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Teknologi Kesehatan Setiaji mengatakan persoalan tersebut sering diadukan masyarakat. Dengan demikian pihaknya akan melakukan penyederhanaan exit tes PCR dari yang sebelumnya harus dilakukan 2 kali (pada H+5 dan H+6) menjadi 1 kali (pada H+5).

BACA JUGA :   US, Australian central banks push more money into markets

Jika exit test PCR tersebut negatif maka status di PeduliLindungi akan otomatis berubah hijau. Penyederhanaan dimulai malam ini, Selasa (22/2) pukul 23.59 WIB.

BACA JUGA :   Kemenkes Bakal Genjot 6 Pilar Transformasi Sistem Kesehatan Hingga 2024

Aturan sebelumnya, exit test PCR dilakukan dua kali yaitu pada H + 5 (hari ke-6) dengan hasil negatif, kemudian harus dilanjutkan untuk tes PCR kedua yaitu hari berikutnya.

”Mulai 22 Februari, nanti malam, untuk exit test PCR ke-2 ini tidak diperlukan. Jadi hanya cukup sekali saja melakukan exit test PCR pada H+5 dan hasilnya harus negatif,” katanya pada konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa (22/2).

BACA JUGA :   Produsen Gula Terbesar di Timteng Siap Bangun Pabrik di Indonesia

Kalau hasil exit test tersebut negatif maka secara otomatis status di PeduliLindungi akan berubah menjadi hijau.

BACA JUGA :   Vaksinasi Booster Jadi Syarat Pemudik, Ini Alasannya

Lebih lanjut Setiaji menjelaskan jika tidak melakukan exit test PCR pada H+5 sampai dengan H+10 maka status di PeduliLindungi akan otomatis menjadi hijau di H+10 walaupun tidak melakukan exit test PCR.***

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here