Jumat, Februari 3, 2023

Animasi Game Bikinan Citra Adinda Sukses Rebut Silver Award Tingkat Asia

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

SEMARANG, newsatu.com — Citra Adinda Maharani, anggota robotik asal MAN 1 Kota Semarang kembali mengharumkan nama madrasah di tingkat Asia. Ia meraih Silver Award kategori Animation Scratch Senior dalam ajang 8th Kontes Robot Nusantara, Asian Robotic Competition for Primary and Secondary Schools.

Kompetisi ini diselenggarakan IYRA (International Youth Robotic Associationdan) dan Universitas Indonesia, 21 Oktober 2022 di Balairung Universitas Indonesia. Lomba diikuti peserta dari negara-negara se-Asia  , termasuk Asia Tengggara seperti Malaysia, Thailand, dan Indonesia sendiri.

BACA JUGA :   Kekurangan Dana Tunjangan Kinerja Guru & Pengawai PAI Dipastikan Beres di 2021

Kontes Robot Nusantara ini merupakan event tahunan robotik anak terbesar di Indonesia dan mulai diadakan sejak 2013. Event robotik terbuka ini menghadirkan 10 lomba favorit siswa Indonesia dan dihadiri sekitar 1.000 anak dari seluruh Indonesia serta partisipan dari Asia Tenggara.

BACA JUGA :   958.140 Perangkat Desa di Indonesia akan Dapat Perlindungan Hari Tua dari BRI Life & Kemendagri

Citra, panggilan akrabnya, bersyukur telah berhasil menorehkan prestasi ini. Kerja kerasnya membuat animasi game selama kurang lebih sepekan membuahkan hasil. Menurutnya, capaian ini juga tidak terlepas dari doa dan dukungan orang tua, guru, dan teman-temannya dalam membuat projek ini.

BACA JUGA :   Kadin Jabar Ingatkan agar Anggota Kadin Berjalan Sesuai Aturan

“Terima kasih banyak kepada orang tua, Kepala MAN 1 Kota Semarang, para guru, serta teman-teman semua yang mendukung,” katanya di Semarang, Jumat (28/10).

Citra mempresentasikan hasil animasinya via zoom dengan judul ‘Wayang Adventure.’ Dengan animasi ini, Citra ingin menyampaikan pesan mengenai keindahan alam Indonesia yang divisualisasikan sebagai wayang.

“Game yang saya buat ini bercerita mengenai perjalanan wayang dengan misi pertama menangkap makanan daerah, dan pada misi kedua menghindari salah satu flora di Indonesia, yaitu bunga bangkai. Game yang saya buat ini bertujuan memperkenalkan indahnya keberagaman di Indonesia, mulai dari keseniannya, tempat bersejarah, serta makanan daerah,” tuturnya.

BACA JUGA :   Fitur PeduliLindungi Nantinya Bisa Diakses di 50 Aplikasi
BACA JUGA :   Warsini, Tukang Bubur Naik Haji Asal Balikpapan

“Komponen yang saya gunakan pada game ini adalah MRT Scratch dan smartboard. Sprite yang saya gunakan berasal dari website freepik, canva, opengameart, giffer.com, itch.io, dan craftpix,” sambungnya.

Citra berharap dapat terus mengembangkan kemampuannya di bidang robotik. Prestasi ini dia jadikan motivasi untuk terus berprestasi di tingkat yang lebih tinggi.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here