Senin, Mei 16, 2022

Pengukuran Kebugaran Pegawai Kemenag Gunakan Aplikasi Sipgar Kemenkes

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com — Kementerian Agama menggelar pengukuran kebugaran pegawai dalam rangka Hari Kesehatan Nasional ke-57 tahun 2021.

Program pengukuran kebugaran pegawai ini merupakan kerja sama Kemenag dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) khususnya Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan.

Kegiatan dibuka oleh Sekjen Kemenag Nizar, diikuti pegawai dari perwakilan unit eselon I Kementerian Agama di lapangan upacara Kantor Kementerian Agama Jalan Lapangan Banteng Barat, Jakarta pada Selasa (30/11).

“Pengukuran kebugaran pegawai ini merupakan program pemerintah bagi seluruh ASN pada Kementerian/Lembaga dalam rangka memantau tingkat kebugaran jasmani pegawai,” kata Nizar didampinggi Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Fesal Musaad.

BACA JUGA :   10.292 Puskesmas Disiagakan untuk Antisipasi Pemudik yang Butuh Pertolongan
BACA JUGA :   Jepang Tertarik Bangun Rumah Sakit di Bogor dengan Teknologi dari Jepang

Menurut Sekjen pengukuran kebugaran pegawai dilakukan dengan melakukan tes jalan enam menit yang kemudian hasilnya dikonversi sesuai usia dan jenis kelamin melalui sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Kementerian Kesehatan RI yakni Sipgar.

Sipgar ini merupakan aplikasi pencatatan pemeriksaan kondisi fisik seseorang yang dilakukan dalam kurun waktu tertentu menggunakan metoda Rockport atau dengan metode pengukuran kebugaran jasmani dengan menghitung waktu tempuh seseorang saat menempuh lintasan 1600 meter.

BACA JUGA :   Ketua DPD RI Terima Gelar Datuk I Puatta dari Kesultanan Kadriyah Pontianak

“Kegiatan ini diharapkan dapat memberi motivasi bagi ASN Kemenag sebagai ujung tombak pelayanan kepada masyarakat agar sehat dan bugar sehingga akan berdampak pada meningkatkannya kinerja dan produktivitas dalam melaksanakan tugas setiap saat,” tandas Sekjen.

Kepala Biro Umum Setjen Kemenag Fesal Musaad sekaligus ketua panitia penyelenggara kegiatan menambahkan pengukuran kebugaran pegawai Kementerian Agama dilakukan dengan metode random sampling dari perwakilan atau representase masing-masing satuan unit eselon I sebagai pilot project.

BACA JUGA :   Demi Percepatan Kebangkitan Ekonomi, Vaksinasi UMKM Kota Bandung Digenjot
BACA JUGA :   10.292 Puskesmas Disiagakan untuk Antisipasi Pemudik yang Butuh Pertolongan

“Jumlah peserta yang mengikuti acara ini sebanyak 50 pegawai yang berasal dari perwakilan unit eselon I pusat. Kegiatan ini didampingi Tim Pendampingan Direktorat Kesehatan Kerja dan Olahraga Kementerian Kesehatan RI,” kata Fesal.

Hari Kesehatan Nasional sendiri jatuh pada 12 November 2021.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here