Senin, Mei 16, 2022

Minimnya Pembiayaan Dinilai LaNyalla Jadi Akibat UMKM Tak Maksimal

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com – Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti, menilai pengembangan UMKM belum berjalan maksimal. Menurutnya, pemerintah harus membantu UMKM dengan menumbuhkan inovasi.

Menurut LaNyalla, koperasi pun punya peran yang tidak kalah penting untuk membantu UMKM.

“Pemanfaatan koperasi untuk mengembangkan UMKM belum maksimal dilakukan. Hal ini perlu didorong pemerintah agar pertumbuhan usaha mikro diimbangi dengan pertumbuhan koperasi,” tuturnya, Minggu (9/1).

BACA JUGA :   LaNyalla di Puri Agung Bali: Kerajaan & Kesultanan Berjasa dalam Lahirnya Bangsa & Negara

Satu hal yang paling disorot LaNyalla adalah masalah pembiayaan. Menurutnya, kelemahan yang paling menonjol pada pengembangan UMKM adalah minimnya pembiayaan.

BACA JUGA :   Jakpreneur Dinas Parekraf DKI Jakarta Sudah Lebihi Target

“Minimnya pembiayaan UMKM sangat berdampak pada kurang optimalnya pengembangan usaha. Sehingga konsentrasi pelaku UMKM mencari kemudahan pendanaan untuk mempertahankan eksistensi usaha,” katanya.

Senator asal Jawa Timur ini menambahkan, pengembangan inovasi produk dapat dilakukan dengan memaksimalkan sumber daya yang tersedia. Dan itu  harus didukung dengan pembiayaan.

BACA JUGA :   Rumah Tahfizh Al-Jihadi Kampung Perigi, Dibangun atas Usul Ibu-Ibu

“Permasalahan ini perlu direspons dengan langkah-langkah yang konkret. Agar pelaku usaha UMKM berkonsentrasi pada inovasi produk yang berbasis pada sumber-sumber yang tersedia. Dengan demikian UMKM dapat mengangkat sumber daya alam yang ada dan menjadi khas produk daerah,” jelasnya.

BACA JUGA :   Ketua DPD RI Minta Pelatihan Active Selling ke Pelaku UMKM Digencarkan

LaNyalla juga meminta pemerintah lebih gencar melakukan terobosan-terobosan.

“Karena, pelaku UMKM harus didukung untuk terus bergerak, berinovasi agar meningkatkan daya saing. Apalagi di tengah membanjirnya produk yang sama di pasaran,” katanya.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here