Jumat, Mei 20, 2022

Ini 5 Inovasi Kesehatan yang Dipamerkan Kemenkes Lewat Digital Transformation Office

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com — Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Digital Transformation Office (DTO) menggelar Health Innovation Sprint Accelerator 2022. Dalam kegiatan tersebut dipamerkan 5 inovasi kesehatan khusunya di bidang teknologi kesehatan (health-tech) dan bioteknologi (bio-tech).

Health Innovation Sprint Accelerator 2022 merupakan program inkubasi untuk para inovator di bidang kesehatan yang digelar oleh Kementerian Kesehatan RI melalui Digital Transformation Office (DTO) bekerja sama dengan United Nations Development Programme (UNDP) serta didukung Pemerintah Jepang.

Program ini bertujuan membantu para inovator dari startup, universitas, dan lembaga penelitian dalam pengembangan inovasi mereka melalui program transfer pengetahuan dan inkubasi.

Ada 105 peserta yang mendaftar pada program tersebut. Dari seleksi inovasi tim health-tech dan bio-tech diperoleh 15 tim terpilih untuk mengikuti roadshow di berbagai kota di antaranya Medan, Bandung, Surabaya, dan Makasar.

BACA JUGA :   Alumni ITB Siapkan 20 Ribu Dosis Vaksin di Balikpapan

Hingga akhirnya dipilih 5 tim terbaik untuk memamerkan produk inovasinya dalam gelaran Demo Day Health Innovation Sprint Accelerator 2022, Kamis (24/3). Tiga besar yang dikategorikan sebagai Best Innovators dipilih dari hasil penjurian yaitu Nalagenetics (Clinical Decision Support), Femicam (FEMICAM Medical Camera), dan Semudah Health (NIRGOMO). Sementara inovasi terfavorit pilihan publik diraih oleh BIGStar (Big Data in Support of Analyctical Research) dan TeleFuture (Vital Sense).

BACA JUGA :   Foods That Promote Weight Loss

Nalagenetics (Clinical Decision Support) (Bio-tech) adalah sebuah software berstandar Internasional (ISO) yang memiliki beberapa modul dan diciptakan untuk menjaga kualitas pengembangan produk keamanan dan kerahasiaan data.

BACA JUGA :   Asproksi Semangat Usung Penggunaan Produk Kesehatan Lokal Berstandar Internasional

Femicam (FEMICAM Medical Camera) (Health-tech) merupakan kamera medis yang dibuat untuk melihat nomor dan memeriksa area kewanitaan khususnya bagian leher rahim (serviks). Alat ini dapat membantu dalam proses deteksi dini kanker rahim dengan melihat apakah ada kelainan atau pertumbuhan sel kanker pada serviks.

Semudah Health NIRGOMO (Health-tech) merupakan alat pemantauan glukosa darah mandiri (PGDM) noninvasif yang menggunakan teknologi near-infrared (NIR) spectroscopy untuk mengukur konsentrasi gula darah dalam bentuk sinyal photoplethysmography (PPG).

BIGStar – Big Data in Support of Analytical Research (Health-tech) adalah aplikasi berbasis web dengan prinsip big data untuk menghimpun data rekam medis pasien yang diolah ke dalam variabel penelitian.

BACA JUGA :   Pemerintah Angkat 200 Ribu Tenaga Kesehatan non-ASN jadi PPPK

TeleFuture – Vital Sense (Health-tech) adalah perangkat medis yang digunakan untuk memantau tanda vital di rumah dengan didukung oleh program kecerdasan buatan (AI). Alat ini menghubungkan pengawasan langsung oleh dokter 24/7 dalam mengkaji early warning system dan modified early obstetric warning score serta menghubungkan dengan rekomendasi arah layanan yang dilanjutkan untuk dituju.

BACA JUGA :   Omicron Bisa Menginfeksi Mereka yang Sudah Divaksin Lengkap

Health Innovation Sprint Accelerator 2022 sebagai sarana berjejaring antara stakeholder dan start-up/inovator di berbagai kota serta memetakan dan menampung aspirasi para pemangku kepentingan di bidang health-tech dan bio-tech.

Sebagai puncak dari rangkaian kegiatan, maka diadakan Demo Day Health Innovation Sprint Accelerator 2022. Pada acara puncak tersebut, inovator health-tech dan bio-tech terpilih akan mengomunikasikan inovasi mereka ke publik dan para pemangku kepentingan terkait.

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here