Senin, Januari 30, 2023

Pemprov DKI Luncurkan Katalog Whatsapp Bisnis dan QRIS Jakpreneur untuk Perluas Pasar UMKM

- Advertisement -spot_imgspot_img
- Advertisement -spot_imgspot_img

JAKARTA, newsatu.com — Untuk memperluas pasar digital bagi pelaku Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM), Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) DKI Jakarta menggandeng Meta Boost untuk meluncurkan Katalog Whatsapp Bisnis dan QRIS Jakprenuer.

Peluncuran dilaksanakan secara simbolis di ruang serbaguna Blok G Balaikota, Selasa (23/8).

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan melihat pelaku UMKM perlu perhatian khusus dari pemerintah sehingga mereka dapat tumbuh berkembang, di tengah digitalisasi yang menjadi tantangan bagi sebagian pelaku UMKM.

“Dinas PPKUKM mengurusi mereka (pelaku usaha) yang kecil, mikro, ultra mikro dan menengah. Mereka yang membutuhkan bantuan pemerintah, karena itu prinsipnya kami bukan mengecilkan yang besar tetapi kami harus membesarkan yang kecil,” terangnya seperti dikutip dari Siaran Pers PPID DKI Jakarta, Selasa (23/8).

BACA JUGA :   Jaring Calon Pengusaha Muda, Kadin Kota Bogor Helat Youth Entrepreneurship Competition 2021
BACA JUGA :   Untuk Cegah Sebaran Omicron, Pemrov DKI Jakarta Perkuat 3T

Melalui Katalog Whatsapp Bisnis Jakpreneur, diharapkan para pelaku UMKM dapat mempromosikan produk Jakpreneur dengan cara yang lebih mudah, masif dan populer.

Katalog ini akan terus dikembangkan sehingga seluruh Jakpreneur akan berkesempatan dipromosikan produknya melalui Katalog Whatsapp Bisnis Jakpreneur, sekaligus mengakselerasi digitalisasi UMKM.

“Kami ingin agar kami dibantu untuk meningkatkan UMKM di Jakarta dengan berkolaborasi, tujuannya agar para pelaku UMKM memiliki business plan yang harus jalan dan ini harus dijangkau lebih banyak lagi, melalui kerja sama dengan Meta, bantu identifikasi mereka yang perlu support dan dapatkan feedback, apalagi 95 persen lebih pelaku ekonomi di Jakarta adalah mikro dan kecil,” papar Gubernur Anies.

BACA JUGA :   Arab Saudi Cabut 6 Larangan bagi Jamaah Umroh, Termasuk Sertifikat Negatif PCR

Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta, Elisabeth Ratu Rante Allo menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan kurasi terhadap 478 usulan produk yang disampaikan oleh seluruh OPD Pengampu Jakpreneur untuk memilih 77 peserta dari komoditi kuliner, fesyen, kerajinan serta produk kesehatan dan kecantikan. Jumlah 77 peserta ini dipilih bersesuaian dengan momentum peringatan HUT RI ke-77.

BACA JUGA :   Delegasi Kota Berlin Puji Konsep Rumah Susun Akuarium di Jakarta
BACA JUGA :   Arab Saudi Cabut 6 Larangan bagi Jamaah Umroh, Termasuk Sertifikat Negatif PCR

“Ini merupakan salah satu terobosan yang membuka jalan bagi pelaku UMKM untuk mengakses pasar yang lebih luas. Terlebih apa yang ditampilkan di katalog merupakan produk-produk yang telah dikurasi, sehingga dipastikan berkualitas,” tandas Ratu.

Selain peluncuran Katalog Whatsapp Bisnis Jakpreneur, dalam kesempatan itu juga diluncurkan QRIS Jakpreneur.

QRIS Jakpreneur merupakan inovasi pembayaran digital bagi pemasaran peserta Jakpreneur yang dapat memudahkan para Pembina Jakpreneur untuk memonitor transaksi pemasaran secara real time melalui dashboard yang dibangun oleh Kolaborator PT Netzme Kreasi Indonesia.***

- Advertisement -spot_imgspot_img
Latest news
- Advertisement -spot_img
Related news
- Advertisement -spot_img

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here